Berdasarkan Kasus yang anda amati, uraikan dan jelaskan elemen-elemen yang termasuk
didalam sistem tersebut:
- Tujuan
-Susb sitem input
-proses
-subsistem output
-umpan balik
Jawab:
Tujuan : mencari solusi untuk meningkatkan peminjaman buku perpustakaan
Subs Sistem input : Penghasilan peminjama buku meningkat
Proses: Meningkatkan kualitas pelayanan
subsistem output : mengadakan promo peminjaman buku (pinjam 2 gratis 1)
Umpan balik: Banyak peminjam buku yang datang karena pelayanan yang memuaskan
DEFINISI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Sistem => Suatu susunan teratur dari kegiatan-kegiatan yang saling berkaitan dan susunan
prosedur-prosedur yang berhubungan yang melaksanakan dan mempermudah kegiatan-kegiatan utama organisasi
Informasi => Data yang telalh diproses atau diolah sehingga memiliki arti dan manfaat yang berguna Data= fakta-fakta yang telah diproses atau diolah sehingga manjadi arti dan manfaat yang berguna
Manajemen => Senagai proses atau Manajemen adalah kegiatan yang dilakukan untuk
melakukan pekerjaan secara bersama-sama atau melibatkan orang lain demi mendapat tujiuan yang sama
Sistem Informasi Manajemen => Jaringan prosedur pengolahan data yang dikembangkan dalam suatu sistem (terintergrasi) dengan maksud memberikan informasi (yang bersifat intern dan ekstern) kepada manajemen sebagai dasar pengambil keputusan
Tujuan mempelajari SIM
Memandang bahwa nilai dari informasi amatlah berharga oleh karena itu harus dikelola
dengan baik
Manajemen Informasi
manajer informasi mengelola lima jenis sumber daya
- manusia
- material
- mesin (termasuk Fasilitas energi)
- uang (money)
- Informasi (termasuk Data)
Sumber daya fisik akan dikelola Setelah diproses agar saat diperlukan sumber daya tersebut
siap digunakan secara maksimal, bila perlu diganti sumber daya tersebut menjadi tidak efisien
contoh: penggantian sumber daya mesin, reckuitme pegawai baru, dsb
Tugas manajer meliputi :pengelolaan sumber daya fisik dan mencakup pengolahan sumber daya
konseptual
Mendapat kan data mentah lalu mengolahnya sehingga menghasilkan informasi yang berguna
baru setelah itu mendapatkan memanfaatkan secara efektif untuk mengganti informasi yang usang
Seluruh kegiatan tersebut memperoleh informasi menggunakan se efektif mungkin dan membuangnya disaat yang tepat disebut manajemen informasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar